Sunday, September 27, 2015

Wanita ; Ibu, Pengatur Rumah Tangga, dan Kehormatan yang Harus Dijaga

Rasulullah saw bersabda :

"Nikahilah oleh kalian wanita yang penyayang dan subur keturunannya, karena sesungguhnya aku akan membanggakan banyaknya jumlah kalian di hadapan para Nabi lain pada hari kiamat nanti"

Rasululllah saw bersabda pada seorang ibu untuk menjelaskan haknya atas pemeliharaan anak setelah ia bercerai dengan suaminya 

"Engkau lebih berhak atasnya sebelum engkau menikah lagi."

 Diriwayatkan bahwa ada seseorang perempuan yang ditinggal pergi oleh suaminya dan dilarang untuk keluar rumah oleh suaminya, dan ia dilarang untuk keluar rumah oleh suaminya. Lalu dikabarkan bahwa ayah wanita itu sakit. Wanita itu lantas meminta izin dari Rasulullah saw agar diperbolehkan untuk menjenguk ayahnya. Rasulullah saw kemudian menjawab :

"Hendaklah engkau takur kepada Allah, dan janganlah engkau melanggar pesan suamimu."

Rasulullah saw memerintahkan para istrinya untuk melayaninya, beliau mengatakan, "wahai Aisyah sediakanlah minuman untuk kami, wahai Aisyah sediakanlah makanan untuk kami, wahai Aisyah bawakanlah pisau cukur untuk kami dan asahlah dengan batu."

Dari Qatadah diriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda :

"Jika seorang anak perempuan telah mencapai usia baligh, tidak pantas terlihat darinya selain wajah dan kedua telapak tangannya sampai bagian pergelangan (tangan)

Allah Swt bverfirman 

"Hendaklah mereka tidak menampakkan perhiasannya, kecuali apa yang biasa tampak pada dirinya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke seputar dadanya. Janganlah mereka menampakkan perhiasannya selainj kepada suami mereka" (TQS. an-Nur :31)

Rasulullah saw bersabda:

"Tidak diperbolehkan seorang pria dengan seorang wanita berkhalwat (berdua-duaan) kecuali jika wanita itu disertai mahramnya."

"Tidak diperbolehkan seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir melakukan perjalanan (safar) selama sehari semalam, kecuali jika disertai mahram-nya."

Dalil-dalil syara tersebut menunjukkan dengan sangat jelas bahwa pada dasarnya seorang wanita itu adalah menjadi seorang ibu, pengatur rumah tangga, dan kehormatannya harus dijaga. [] (abuza)  

No comments:

Post a Comment